Senin, 23 Januari 2012

Berani Jomblo Berani Mengejar Jodoh




Judul : Berani Jomblo Berani Mengejar Jodoh
Penulis : Masrur Huda, S.S., M.Pd.I dan MasBro
Penerbit : QultumMedia
Harga : Rp35.000 (harga dapat berubah sewaktu-waktu)




Assalamualaikum wr wb

Beberapa hari yang lalu saya pergi ke toko buku terbesar tanah air dan melihat-lihat buku tentang Islam. Tanpa sengaja saya menemukan buku ini. Sayapun tertarik dengan judulnya serta beberapa komentar pada bagian belakang cover. Akhirnya saya membelinya dan setelahnya saya langsung membacanya.

Ok, mari kita sedikir me-review buku ini. Buku ini membahas tentang permasalahan yang cukup populer pada muda-mudi kita di tanah air yang ga laku-laku atau belum laku alias jomblo. Di sini dijelaskan tentang apakah jomblo itu, beberapa dalil masalah hubungan laki-laki perempuan yang bukan mahram-nya, menyikapi saat-saat jomblo, cara-cara PDKT, hal-hal mengenai ta'aruf sampai persiapan menuju pernikahan. Hal tersebut dibahas secara ringan dan tidak menggurui sehingga kita sebagai pembaca tidak akan merasa bosan malah ingin terus membaca buku ini sampai selesai. Pada buku inipun tidak menjatuhkan pihak-pihak yang tengah menjalankan hubungan pacaran. Yang ada buku ini membahas indahnya menjadi seorang jomblo hingga saatnya nanti kita bertemu dengan jodoh kita, melakukan ta'aruf dan meminangnya. :)

Buku ini terbagi atas lima bab yang tiap-tiap babnya memiliki beberapa subbab. Bab yang terdapat pada buku ini adalah 1) Perenungan Jomblo 2) Jomblo Karena Belum Berpikir untuk Ta'aruf 3) Jomblo dalam Usaha PDKT/Pendekatan 4) Jomblo dalam Masa Ta'aruf 5) Jomblo yang Sedang Merancang Pernikahan. Dengan tebal buku 207 halaman, saya rasa isi buku ini sangat pas untuk dibaca para jomblo-jomblo yang tengah gundah gulana menanti jodoh atau para jomblo-jomblo yang tengah galau dengan usaha PDKT-nya. :P

Sepenggal doa nan indah yang terdapat dalam buku ini.

Ya Allah, 
Seandainya telah Engkau catatkan dia akan menjadi teman menapaki hidup, satukanlah hatinya dengan hatiku. Titipkanlah kebahagiaan di antara kami agar kemesraan itu abadi untuk meraih surga dunia akhirat-Mu. 
Ya Allah, ya Tuhanku yang Maha Mengasihi, seiringkanlah kami melayari bahtera hidup ini ke tepian yang sejahtera dan harmonis penuh belas kasih dan cinta. 
Tetapi ya Allah, seandainya telah Engkau takdirkan dia bukan milikku, bawalah ia jauh dari pandanganku. Luputkanlah ia dari ingatanku. Ambillah kebahagiaan ketika dia ada di sisiku. Dan, peliharalah aku dari kekecewaan. 
Serta ya Allah, ya Tuhanku yang Maha Mengerti, berikanlah aku kekuatan melontarkan bayangannya jauh ke dada langit. Hilang bersama senja nan merah. Agar kubisa berbahagia walau tanpa bersama dengannya. 
Ya Allah, Yang Tercinta, gantikanlah yang telah hilang. Tumbuhkanlah kembali yang telah patah walaupun tidak sama dengan dirinya. 
Ya Allah, ya Tuhanku, pasrahkanlah aku dengan takdir-Mu. Sesungguhnya, apa yang telah Engkau takdirkan adalah yang terbaik untukku. Karena, Engkau Maha Mengatahui segala yang terbaik untuk hamba-Mu ini. 
Ya Allah, cukuplah Engkau saja yang menjadi pemeliharaku di dunia dan di akhirat. Dengarlah rintihan dari hambamu yang dhaif ini. Jangan Engkau biarkan aku sendirian di dunia ini maupun di akhirat. Menjuruskan aku ke arah kemaksiatan dan kemungkaran. Maka, karuniakanlah aku seorang pasangan yang beriman. Supaya aku dan dia dapat membina kesejahteraan hidup ke jalan yang Engkau Ridhai. 
Karuniakanlah padaku keturunan yang saleh dan salehah. Sosok mujahid mujahidah tangguh pilihan yang menjadi amal tiada putus bagi kedua orangtuanya. Aammiin... Ya Allah... Ya Rabbal 'Alamin.

Gimana, indah dan keren kan sob doanya. Banyak pula saran, masukan serta kalimat-kalimat penuh makna dari penulis untuk para jombloers. Malah ada juga buat yang kini tengah berpacaran. Ini nih kata dari penulis buat yang tengah menjalin hubungan:

Bagi kamu yang sudah memiliki kekasih, berarti telah memberi harapan-janji mulia-kepada sang kekasih untuk meminangnya. Kekasih dan yang dikasihi akan selalu mempertahankan cintanya, betapapun kondisinya saat ini, sebab berpacaran mengisyaratkan makna "meminang", bukan hanya kemampuan membual walaupun ada anggapan, pacaran hanyalah mainan dan bukan benar 100%. Tiada yang lebih baik selain mempercepat meminang dari orang tuanya dan inilah jalan terbaik. Buatlah harapan terbaik bagi kekasih, bukankah kekasih selalu memberikan yang terbaik untuk kekasihnya. Yakinlah, bahwa Allah akan mengayakan setiap hamba yang mempercepat pernikahan.

Nah, jadi buat para cowok jangan dimain-mainin ya pasangan kalian. Pacaran itu jangan dianggap main-main. Jadikanlah sarana untuk saling mengenal dan ga keluar dari syariat Islam (memang bisa ya :D).

Buku ini amat sangat saya rekomendasikan bagi para jombloers dan juga orang-orang yang ingin mengenal tentang ta'aruf serta hubungan laki-laki dan perempuan di saat sedang dilanda cinta dalam Islam. Meski secara tersirat penulis menargetkan buku ini bagi para ikhwan tapi tidak ada salahnya bagi para akhwat jika ingin membaca buku ini.

Ok deh. Buat yang tertarik silahkan membeli atau meminjam buku ini kemudian membacanya. Semoga kita bisa menjadi insan yang lebih baik lagi dan lebih kaya akan ilmu setelah membaca buku ini. Aammiin... :)

Wassalamualaikum wr wb

2 komentar:

  1. ...
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,...

    Subhanallah,...
    makasih ya udah mengulas buku kami,...
    barakallah,...

    Salam santu dr ana
    masBro Kpala pantiJomblo

    BalasHapus
  2. Wa'alaikumsalam wr wb

    Sama-sama mas. Terima kasih juga sudah mengunjungi blog saya. Semoga mas bisa menciptakan karya yang lebih baik lagi dikemudian hari. :)

    BalasHapus