Jumat, 13 Januari 2012

Tadaima


"Tadaima..", "Okaeri..". Dua buah kata yang biasanya digunakan di Negeri Matahari Terbit ketika seseorang pulang ke rumahnya. Tadaima yang biasa diartikan "Saya pulang" dan okaeri yang  biasa diartikan "Selamat datang".

Tapi karena saya adalah seorang muslim dan saya sendiri tidak tau seperti apa budaya yang biasanya ada di tanah sunda ketika pergi dan pulang ke rumah maka saya pastinya menggunakan Assalamualaikum dan Wa'alaikumsalam sebagai kata untuk pergi maupun pulang.


Kata-kata tersebut digunakan setelah kita berpergian atau melakukan perjalanan. Yup, sebuah perjalanan. Normalnya kata-kata tersebut digunakan untuk perjalanan yang nyata seperti pergi ke suatu tempat. Alangkah senangnya ketika kita akan melakukan perjalanan kita diantar ke tempat kita akan menggunakan kendaraan (terminal, peron, bandara, pelabuhan) dimana biasanya di sana akan ada adegan say goodbay dll. Dan bagi saya akan lebih senang lagi ketika kita pulangpun kita disambut kembali oleh orang-orang yang kita sayangi. Entah itu keluarga, teman, sahabat, pacar, atau mungkin kecengan kita :P.

Ketika ada yang menjemput kita setelah kita pulang dari suatu perjalanan, itu berarti kepulangan kita amat dinanti oleh mereka. Kepergian kita aka membuat mereka sedih meski dengan kemajuan teknologi jarak seperti sudah tidak menjadikan halangan untuk menjalin suatu komunikasi (tapi kemajuan ini juga berdampak buruk sob, mendekatkan yang jauh tapi malah menjauhkan yang dekat). Dinantikannya kepulangan kita oleh seseorang ataupun sekelompok orang itu menandakan kita cukup berarti dimata mereka dan itu membuat orang yang melakukan perjalanan tersebut senang, bahkan mungkin ingin segera kembali untuk bertemu dengan mereka. Rasa rindupun tidak akan terelakan datang dalam perjalanan tersebut ketika kita dinantikan oleh banyak orang.

Perjalanan meski terkadang membuat sekelompok orang sedih tetap haruslah dilakukan. Ada banyak hal dan alasan seseorang melakukan perjalanan. Setiap pelaku perjalanan pasti berharap kepulangannya akan dinanti oleh banyak orang dan berharap setiap orang yang ia tinggalkan mengerti kenapa ia harus melakukan perjalan.

Akan begitu indah akhir dari sebuah perjalanan ketika ia berkata "Tadaima" dan begitu banyak orang yang menjawab "Okaeri". :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar